UPAYA GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING KELAS VI MI MUHAMMADIYAH 01 CIASMARA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa mengikuti pembelajaran daring kelas VI di MI Muhammadiyah 01 Ciasmara Pamijahan. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa mengikuti pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Ciasmara antara lain yaitu dengan pemberian tugas tambahan seperti membantu orang tua di rumah, selalu melaksanakan sholat 5 waktu dan ikut serta membentuk kegiatan yang ada di masyarakat. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa pada proses pembelajaran daring yaitu sarana prasarana dan adanya kerjasama pihak sekolah dengan orang tua siswa sedangkan faktor yang menghambat yaitu kesulitan mengontrol para muridnya lantaran tidak semua diberikan fasilitas hp secara mandiri dari orang tua. Selain menjadi faktor pendukung siswa dalam pembelajaran daring ternyata hp juga menjadi faktor penghambat lantaran meskipun mempunyai hp namun kuota/data tidak memadai. Adapun solusi untuk mengatasi hambatan dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa yaitu menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, mengadakan pertemuan setiap satu mingu 2x.   Kata kunci: Guru PAI, Karakter Tanggung Jawab, Pembelajaran Daring.