PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH

Abstract

Tulisan hasil penelitian ini yaitu ingin menganalisis kreativitas guru dalam mengajar di SMP Bina Mulia Depok, mengetahui bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP Bina Mulia Depok serta mengetahui pengaruh kreativitas guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Bina Mulia Depok. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif  yang datanya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 141 siswa, sedangkan sampelnya yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIII-B yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan Teknik Proportionate Stratifide Random Sampling yaitu Teknik pengambilan sempel dengan tujuan tertentu. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan tes. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan metode penelitian Eksperimen. Hasil uji t-test pada kelas kontrol dapat diperoleh nilai t-hitung sebesar 1,410096484 yang ternyata nilai tersebut lebih kecil dari nilai t-tabel 5% yaitu 2,024394164. Sedangkan dari uji t-test yang dilakukan pada kelas eksperimen dapat diperoleh nilai t-hitung sebesar -3,757561184 menjadi nilai mutlak yaitu 3,757561184 yang ternyata nilai tersebut lebih besar dari nilai t-tabel 5% yaitu 2,024394164. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil kemampuan belajar siswa sebelum dan sesudah sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini.   Kata kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar, Fiqih.