KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa di MA Aulia Cibungbulang Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MA Aulia Cibungbulang Kelas XI, dengan sampel siswa 45 orang siswa. Pengambilan data melalui metode angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa yang diperoleh dengan menghitung korelasi product moment yang menunjukan hasil sebesar 0,423. Hasil pengujian signifikansi adalah sebesar 0,251. Setelah diketahui df = 43 kemudian berkonsultasi pada tabel “t” signifikansi. Dengan demikian dapat diketahui dengan df  = 43 diperoleh “t” pada taraf signifikasi 5% = 1,681. Jadi, 0,251 < 0,681. Dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tidak signifikan dari kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa di MA Aulia Cibungbulang Bogor. Hasil perhitungan menunjukkan KD = 17,9%. Dengan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa kompetensi professional guru memberikan pengaruh sebesar 17,9% dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Aulia Cibungbulang Bogor dan sisanya dapat dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.