PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Arrosudiniyah Kabupaten Bogor. dengan sampel siswa 39 orang siswa. Pengambilan data melalui metode angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan antusiasme siswa, sehingga akan lebih mudah bagi siswa untuk memahami materi pelajaran. Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan analisis signifikansi melalui uji t, maka hasilnya adalah sebesar 5,270. Setelah diketahui df = 37 kemudian berkonsultasi pada tabel “t” signifikansi. Dengan demikian dapat diketahui dengan df=37 diperoleh “t” pada taraf signifikasi 5 % = 1,687. Jadi, 5,270 > 1,687. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, hasil perhitungan KD = 40,3%. Dengan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media audio visual memberikan pengaruh sebesar 40,3% dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI.