KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS DARING DI STAI AL AULIA
Abstract
Abstrak Di masa pandemi Covid-19, yang menyebabkan diminimalisirnya kegiatan luar ruangan, dan menyebabkan masyarakat melakukan segala kegiatan didalam ruangan, peran kompetensi pedagogik pada mahasiswa dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caranya agar proses pembelajaran tetap berjalan efektif dan efisien walaupun dengan cara daring atau tidak bertemu secara langsung. Penelitin ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuannya untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik mahasiswa terhadap proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis daring secara faktual, sistematis dan akurat. Dalam penulisan ini, pengumpulan data yang digunakan penulis dengan cara study pustaka. Mahasisswa yang memiliki kompetensi pedagogik dalam dirinya pasti bisa menemukan strategi yang tepat serta bisa mengelola program pembelajaran yang mencakup kemampuan untuk mengelaborasi kemampuan peserta didik, merencanakan program belajar mengajar, melaksanakan program belajar mengajar, dan mengevaluasi program belajar mengajar yang semua itu dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Selain itu, proses pembelajaran daringpun dilakukan agar tujuan pembelajaran Bahasa Inggris tetap tercapai walaupun dalam kondisi dan situasi yang membuat segalanya terasa lebih rumit, namun guru harus bisa membuat yang tadinya rumit menjadi lebih mudah.