PEMBIASAAN PERILAKU DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL FALAH KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran besar guru Aqidah Akhlak di bandingkan dengan guru-guru lainnya dalam mewujudkan budaya disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Guru Aqidah Akhlak dalam pembiasaan perilaku disiplin siswa, problem yang dihadapi, serta bagaimana solusi yang ditempuh dalam upaya pembiasaan perilaku disiplin siswa di MTs. Miftahul Falah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif.. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, staff, dan siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat upaya yang dilakukan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs Miftahul Falah, yaitu: (a) melakukan absen di awal waktu masuk kelas, (b) pemberian contoh disiplin dari guru, (c) kreativitas Guru melakukan manajemen/mengelolah kelas, (d) membantu peserta didik dengan memberikan nasihat. problem yang di hadapi oleh guru akidah akhlak yaitu: (a) keadaan individual peserta didik, (b) perbedaan karakter peserta didik, (c) masih bersifat anak-anak, (d) kurangnya komunikasi, (e) jumlah siswa padat. Selanjutnya, solusi yang ditempuh oleh guru dalam mengatasi problem ketika pembiasaan perilaku disiplin siswa di MTs Miftahul Falah adalah : (a) memahami keadaan individual siswa, (b) memahami perbedaan karakter siswa, (c) membina komunikasi yang baik, (d) membuat kelompok belajar, dan (e) menciptakan proses pembelajaran yang menarik.