STRATEGI KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Abstract

Studi ini menggaris bawahi peran seorang guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa-siswanya, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Komunikasi merupakan sebuah aktifitas yang selalu dilakukan manusia. Manusia berkomunikasi untuk membangun kontak sosial dengan orang disekitarnya dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berprilaku sebagaimana yang diinginkan. Namun tujuan utama komunikasi adalah mengendalikan lingkungannya secara fisik dan psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok dengan sifat komunikasi tatap muka (face to face communication). Dalam pelaksanaan penerapan strategi komunikasi ini, terdapat dua faktor, yakni penunjang dan penghambat keberhasilan strategi komunikasi tersebut. Faktor penunjang keberhasilan strategi komunikasi ini adalah penguasaan bahasa, sarana komunikasi, kemampuan berpikir, serta lingkungan yang baik. Adapun faktor-faktor yang dapat menghambat keberhasilan strategi komunikasi ini adalah hambatan sosio-antropsikologis, psikologis, semantik, mekanis, dan ekologis.