MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP EKOSISTEM MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X-IPA SMAN 1 NANGGUNG

Abstract

Peningkatan prestasi belajar siswa sangat dibutuhkan selain tuntuk melihat kemajuan siswa tersebut dalam pembelajaran secara individual, tetapi juga untuk dapat melihat apakah dalam suatu pembelajaran tersebut efektif atau tidak, atau apakah dalan suatu pembelajaran, metoda dan alat bantu yang digunakan tersebut cocok atau tidak. Gambaran tingkatan nilai pada waktu setelah pembelajaran suatu topik dilakukan merupakan indikator keberhasil dalam suatu pembelajaran yang bersifatk ognitif. Lain halnya dengan pembelajaran yang menuntuk unjuk kerja, akan diperlihatkan dengan adanya perubahan tingkah laku bahwa seoarang siawa akan semakin tertib, teliti, lebih cepat dan tepat. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai alat bantĂș untuk memberikan penjelasan dan pemahaman sekaligus implementasi konsep-konsep Biologi diyakini akan memebrikan nuansa pembelajaran yang menyenangkan, obyektif, dan bersifat memberikan peningkatan pengalaman langsung. Pembelajaran dapat dianggap berhasil jika para siswa telah mencapai nilai 70 atau lebih besar. Hal ini sesuai dengan jumlah berapapun soal yang dikerjakan tetapi dapat diselesaikan dengan baik sebanyak 70%.