NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Fenomena pendidikan orang tua pada anaknya saat ini bisa dikatakan belum sepenuhnya mengarah pada pembentukan karakter.Orientasinya hanya menikberatkan pada aspek kognitif saja, bukan hanya itu saja konsep pendidikan keluarga masih banyak mengadopsi sistem pendidikan ala barat yang menekankan dari segi aspek materialisme. Luqman Al-Hakim merupakan tokoh pendidikan Islam yang di abadikan dalam Al-Qur’an. Luqman adalah seorang hamba Allah yang sangat taat dengan ketaatan itulah Allah memberikan sebuah penghargaan dijadikan salah satu nama surat dalam Al-Qur’an dengan ketaatan itu pula Allah juga memberikannya sebuah hikmah dengan hikmah itu Luqman dapat memberikan pendidikan yang sangat baik untuk anaknya. Konsep pendidikannya sungguh sangat luar biasa  dikemas dalam bentuk nasehat dan pesan-pesan indah yang membangkitkan semangat hidup, memantapkan keyakinan, memberi pencerahan dan sekaligus melejitkan kecerdasan pikiran, spiritual, emosial dan sosial. Hal ini pula lah yang melatar belakangi peneliti untuk mengkaji secara mendalam konsep pendidikan Luqman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diberikan Luqman terhadap anaknya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan  deskriptif, data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa Al-Qur’an serta tafsirnya. sedangkan data sekunder dalam penelitian ini  berupa literatur-literatur yang menunjang data primer. Hasil penelitian ini dapat penulis paparkan bahwa Konsep pendidikan Luqman yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 secara substansial mencangkup tiga aspek, yakni pendidikan aqidah, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak.