PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun, meliputi unsur-unsur manusiawi, materiel, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai suatu tujuan, yakni tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut diantaranya bergantung pada kemampuan guru dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Tingginya hasil  belajar  siswa  bergantung  pada  keberartian  bahan pelajaran  yang  dipelajarinya  bagi  diri  sendiri.  Oleh karena  itu,  guru  perlu  menerapkan  metode pembelajaran  yang  merangsang siswa  mempunyai  keinginan  belajar  sendiri  dan  kelompok, serta menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dalam hal ini, salah  satu  upaya  yang  digunakan  dalam  pembelajaran  adalah penggunaan metode jigsaw. Dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Pada akhirnya diharapkan pula peningkatan prestasi akademik maupun nonakademik.