PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun, meliputi unsur-unsur manusiawi, materiel, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai suatu tujuan, yakni tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut diantaranya bergantung pada kemampuan guru dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Tingginya hasil belajar siswa bergantung pada keberartian bahan pelajaran yang dipelajarinya bagi diri sendiri. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang merangsang siswa mempunyai keinginan belajar sendiri dan kelompok, serta menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dalam hal ini, salah satu upaya yang digunakan dalam pembelajaran adalah penggunaan metode jigsaw. Dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Pada akhirnya diharapkan pula peningkatan prestasi akademik maupun nonakademik.