MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PAMIJAHAN 02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SDN Pamijahan 02 dan mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2022 di SDN Pamijahan 02 Kecamatan Pamijahan Bogor. Metode penelitian yang dilakukan secara terstruktur dan terperincidengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh karena jumlah populasi relatif kecil kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rhitung sebesar 0,790 yang terletak antara 0,70-0,89. Berdasarkan pedoman tabel korelasi product moment yang digunakan maka dapat dikatakan bahwa antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi dengan nilai KD 62,4%.