PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas V-A di MI Raudlatul Muttaqien. Penelitian dilakukan di MI Raudlatul Muttaqien wilayah Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Barat. Populasi penelitian 25 siswa dan sampelnya 25 orang dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini menerapkan metode korelasi dengan instrumen penelitian menggunakan angket untuk pembelajaran aqidah akhlak dan karakter religius. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,601 > r tabel 0,413. Dengan demiikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa begitu juga uji signifikan dengan uji t hitung 3,60 > 2,06. Ini berarti adanya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa adalah hubungan yang signifikan, sedangkan kontribusi pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa ditunjukan oleh KD (Koefisien Determinasi) = 36,1% yang bermakna bahwa pembelajaran aqidah akhlak memberikan kontribusi sebesar 36,1% terhadap pembentukan karakter religius siswa.