POLA ASUH ORANG TUA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS AL-IDRUS BOGOR

Abstract

Minat Belajar adalah aspek psikologi seseorang yang menampakkan diri dalam beberapa gejala, seperti: gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mengumpulkan data dan studi korelasional untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan pola asuh dengan minat belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi/hubungan antara pola asuh dan minat belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Al-Idrus yang berjumlah 300 siswa, dengan komposisi kelas VII 101 siswa, kelas VIII 106 siswa, dan kelas IX  93 siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah 90 siswa (30% dari jumlah populasi) dengan sistem random sampling dari setiap kelasnya. Penelitian ini  dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa. Hubungan antara variabel X (pola asuh orang tua) dengan variabel Y (minat belajar siswa) adalah signifikan (sig.) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa di MTs Al-Idrus Ciseeng Kabupaten Bogor.