KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP HAYATUL ISLAM BOGOR

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi bahwa siswa di SMP Hayatul Islam masih ada yang belum mampu membaca Al-Qur’an padahal disekolah tersebut terdapat pelajaran baca tulis Al-Qur’an sehingga mereka bisa lebih baik dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menerapkan metode korelasi dengan instrument penelitian menggunakan angket untuk membaca Al-Qur’an dan test tertulis untuk hasil belajar siswa. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,94 > r tabel 0,374. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar PAI para siswa. Kontribusi membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar PAI siswa dihasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,89% yang dimana dalam hubungan ini kontribusi didapatkan sangat besar terhadap hasil belajar PAI siswa.