PARENTING ISLAMI DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL SISWA KELAS V MIS DARUT TAQWA BOGOR

Abstract

Islami parenting adalah suatu metode pengasuhan suatu metode pengasuhan orang tua kepada anak sebagai solusi metode pendekatan emosional yang positif, Parenthink (parenting) pada dasarnya adalah pola asuh orang tua dan pendidikan sejak anak lahir sehingga anak telah memenuhi kriteria untuk disebut sebagai pribadi yang dewasa, bukan hanya dewasa secara fisik, namun juga dewasa secara mental atau psikologis. Jadi Islami parenting diterjemahkan sebagai pengasuhan orang tua terhadap anak yang berpusat kepada pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan parenting Islami terhadap emosional siswa kelas V MIS Darut Taqwa Bogor, dan seberapa persen orang tua siswa menerapkan parenting Islami. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Jumlah sampel diambil yaitu sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Pengujian validitas dan reliabilitas. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara parenting Islami terhadap emosional siswa. Hal ini dibuktikan dengan r hitung variabel parenting Islami dan variabel emosional yaitu 2,470. R tabel sebesar 2,100. Terbukti r hitung lebih besar dari r tabel. Parenting Islami memberi sumbangan terhadap kecerdasan emosional sebesar 25%, sedangkan 75% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Agar emosional siswa berkembang secara optimal, sebaiknya orangtua menerapkan parenting Islami.