Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Pada Restaurant Dr. Nia Baker Seafood N Steak House di Kota Dumai

Abstract

Etika bisnis Islam adalah suatu ajaran untuk membedakan benar dan salah. Etika bisnis Islam meliputi sikap jujur, amanah, cerdas, ramah dan komunikatif. Para pelaku bisnis harus berusaha untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dengan memberikan kualitas pelayanan yang didampingi etika Bisnis Islam. Kualitas pelayanan sebagai usaha untuk mewujudkan kenyamanan terhadap konsumen agar konsumen merasa mempunyai nilai yang lebih dari yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Muslim pada Restaurant dr.Nia Bakery Seafood N Steak House. Data yang diginakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 100 responden 200 sampel. Data analisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan Sofwer SPSS 211.0 Windows Atau hasil pengolahan dan penelitian diperoleh regresi linier yaitu Y = 22,446+ ,937 + 3,782. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefesien determinasi memiliki R square sebesar 0,162 ini berarti bahwa kontribusi Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Muslim adalah sebesar 16,2% dan 83,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan. Secara persial berdasarkan hasil uji t variabel variabel Etika Bisnis Islam (X1) sebesar 0,137 dan bernilai positif, dengan nilai signifikan 0,350> 0,005 berarti varibel Etika Bisnis Islam memberikan kontribusi yang positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Muslim. Variable Kualitas Pelayanan (X2) sebesar 0,307 dan bernilai positif; dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 berarti variable kulitas pelayanan memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Muslim.