Implementasi Pendekatan Behaviorisme Dalam Pemberian Reward Untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini

Abstract

Permasalah yang terjadi saat ini kurang sikap dan  perilaku disiplin anak terhadap karakater saat melakukan kegiatan. Hal ini ditentukan oleh metode atau aspek perkembangan yang belum optimal, masih terdapat anak yang belum memiliki karakter disiplin seperti tidak menerapkan sikap antri ketika masuk toilet, rebutan mainan dengan teman. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan behaviorisme dalam hadiah Penghargaan untuk membentuk karakter disiplin anak usia dini.menggunakan metode penggunaan reward guna membentuk karakter disiplin pada anak artinya cara yg sempurna untuk memberi jalan atau menjembati anak membiasakan disiplin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini artinya metode penelitian kualitatif deskriptif, metode deskriptif sudah ada metode yg menggambarkan keadaan atau gejala apa adanya sesuai kejadian yg terdapat di lapangan ketika penelitian dilakukan.Metode deskriptif merupakan penelitian yang memberikan gambaran secara sistematis, aktual, serta akurat tentang kabar dan  korelasi antara fenomena yg diteliti. Hasil Penelitian menemukan bahwa menggunakancara penerapan pendekatan behaviorisme pada hadiah Penghargaan bisa menghasilkan karakter disiplin anak usia dini. sebab hal terebut sangat berpengaruh berbagai aspek-aspek perkembangan terutama untuk belajar bertanggung jawab menggunakan apa yg dilakukan, bisa menegendalikan diri dan  dapat memotivasi anak buat melakukan aktivitas sendiri