Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Lii Muttaqin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terlihat di Raudhatul Athfal Lil Muttaqin bahwasanya masih rendahnya kemampuan diri anak dalam bersosialisasi, berbagi mainan, bergantian dalam bermain, belum mampuĀ  mengungkapkan perasaan yang sedang ia rasakan dan kurangnya kemampuan berkomunikasi terhadap teman sebaya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Lil Muttaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif yang analisis datanya menggunakan metode kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Perkembangan Sosial Emosional yaitu perubahan mental yang berlangsung secara bertahap dan dalam waktu tertentu, dari kemampuan sederhana menjadi kemampuan yang lebih kompleks. Perkemba-ngan merupakan proses perubahan atau peningkatan sesuatu kearah yang komplek dan bersifat psikis. Perkembangan dan pertumbuhan merupakan dua hal yang berbeda akan tetapi perkembangan berhubungan dengan pertumbuhan. Adapun indikator dari perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah Kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan. Setelah melakukan uji validitas, reliabilitas dan statistic deskriptif maka perkembangan sosial emosional di RA Lil Muttaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dinyatakan baik dengan nilai rata-rata masing-masing bernilai 9,3 dan 130. Adapun nilai minimum yaitu 7 dan nilai maksimum bernilai 10 untuk seluruh indikator. Maka hal perkembangan sosial emosional anak usia dini di Raudhatul Athfal Lil Muttaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar sangat baik.