Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Lillah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah memperoleh gambaran mengenai penggunaan metode  proyek dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Lillah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan  kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal motivasi belajar pada anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Lillah masih rendah yaitu 52,19% atau dengan kategori penilaian “kurang Baik” dengan persentase 51%-60%. Setelah penerapan metode proyek, motivasi belajar anak mengalami peningkatan pada setiap Siklus pada pertemuan 1 dan 2, Siklus I adalah 65,31% atau dengan kategori penilaian “Cukup Baik”, karena berada pada rentang persentase 56%-75%. Dan pada pertemuan 1 dan 2 siklus II adalah 84,68% atau dengan kategori penilaian “Baik”, karena berada pada rentang persentase 76%-100%. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar anak  di  setiap  siklus  I  dan  II  artinya  metode  proyek ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar anak.  Adapun rekomendasi yang diberikan untuk penelitian ini adalah diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode pembelajaran yang lain yang lebih baik dan efektif dan juga dapat  mengembangkan  indikator  motivasi  belajar   yang   lebih   luas   sehingga hasilnya bisa lebih baik