Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar
Abstract
Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 14 yaitu 8 perempuan dan 6 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2021/2022 di TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan media pohon angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal konsep bilangan. Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 43,62%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 84,69%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas anak mengenal konsep bilangan diperoleh persentase rata-rata 41,07%.