Mengembangkan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Permainan Kotak Ajaib Di Raudhatul Athfal Munzhiroh 3 Kulim Kota Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perkembangan bahasa Indonesia anak, beberapa anak belum mampu mengenal kata sederhana dan beberapa anak kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa Indonesia anak dengan menggunakan permainan kotak ajaib melalui metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 16 yaitu pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di RA Munzhiroh 3 Kulim Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan permainan kotak ajaib untuk meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia pada anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan bahasa Indonesia anak. Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 41,27%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 85,28%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas guru diperoleh persentase rata-rata 44,01%.