Penerapan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Bercerita dengan Gambar Seri di TK N 1 Tanjung Gadang

Abstract

Abstract This study aims to find out how lesson planning, implementation of learning and evaluation of learning in the application of listening skills through the storytelling method with picture series media in early childhood at Tanjung Gadang 1 Kindergarten. The reason for the purpose of this research is because the listening skills of early childhood at Tanjung Gadang 1 Kindergarten are good compared to early childhood at other Kindergarten schools in Tanjung Gadang sub-district. The research method used is descriptive research with a qualitative approach, where the research data are in the form of sentences. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation with the research subject being B3 class teachers at Tanjung Gadang 1 Kindergarten and research informants from school principals, teacher boards and early childhood at Tanjung Gadang 1 State Kindergarten. The results of the study show that lesson planning, learning implementation and learning evaluation are important things to prepare and implement properly in the application of listening skills through the storytelling method with picture series media in early childhood.   Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran,  pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran dalam penerapan keterampilan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar seri pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang. Alasan tujuan penelitian tersebut dikarenakan keterampilan menyimak anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang ini bagus di bandingkan dengan anak usia dini di sekolah Taman Kanak-Kanak lain yang berada di kecamatan Tanjung Gadang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data hasil penelitian ini berbentuk kalimat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian guru kelas B3 di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang serta informan penelitian kepala sekolah, majelis guru dan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran menjadi hal yang penting untuk disiapkan dan dilaksanakan dengan baik dalam penerapan keterampilan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar seri pada anak usia dini.