Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket JY Mart Lubuk Gaung Kota Dumai

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama dalam dunia bisnis karena tingkat persaingan yang sangat ketat diantara Minimarket yang ada di Lubuk Gaung. Hal utama agar minimarket dapat bertahan, bersaing dan menguasai pangsa pasar adalah dengan cara memberikan tingkat harga yang relatif murah dibanding pesaing dan meningkatkan serta memperbaiki tingkat pelayanan. Minimarket harus memperhatikan hal tersebut agar konsumen mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada minimarket lain.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Minimarket JY Mart. Untuk mengetahui dan menganalisa Pandangan Ekonomi Islam terhadap harga dan kualitas pelayanan di Minimarket JY Mart. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.515 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan teknik sample sampling insidental, yaitu sample diambil berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Besarnya sampel sebanyak 316 konsumen. Metode analisis data dengan menggunakan bantuan software SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Harga (x1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Minimarket JY Mart. Kualitas Pelayanan (x2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) Minimarket JY Mart. Dan ada pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Minimarket JY Mart.