Media Sosial dan Dampaknya dalam Perspektif Psikologi Komunikasi

Abstract

Fenomena penggunaan media sosial adalah sesuatu yang sangat lazim di kalangan masyarakat. Dengan segala perkembangan yang cepat ini memunculkan adanya masalah baru di masyarakat. Media sosial pada hakekatnya adalah sebuah sarana yang diciptakan untuk mempermudah komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain walaupun harus melintasi jarak, ruang, dan waktu sangat banyak memicu timbulnya dampak luar biasa pada psikologis penggunanya. Adapun efeknya yang didapatkan pertama, efek kognitif yang berujung pada seringnya mengkonsumsi pesan toxic (berita hoax, gambar kriminal, video vulgar, dan lain-lain), kedua, efek afektif yang mengarah pada rasa senang dan benci sehingga memungkinkan untuk menyebarkan kembali pesan toxic yang didapat, dan ketiga behavioral yaitu respon yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku dan tindakan untuk melakukan isi dari pesan toxic Ardianto, Elvinaro dkk. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2014   Gusti Ngurah Aditya Lesmana, Tesis: Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA), Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia   Hafidz, Cangara. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada, 2012. https://wearesocial.com/digital-2020, Diakses pada 13 0ktober 2021 Kurniawan. Pemanfaatan Whatsapp sebaga MediaKomunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian PesanDikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Teknologi Informasi. Vol.6 (3), 2017, • Nisrina, Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, Yogyakarta: Kobis, 2015.   Nasrullah, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015 Onong Uchyana Effendy, Drs., Komunikasi dan Modernisasi, Saduran Himpunan Karya Carl I. Hovland, Charles Cooley, Wilbur Schramm, Bernard Betelson, Ithel De Sola Pool, Penerbit Alumni, Bandung, 1973. Rakhmat, Jalaludin, Drs, M.Sc, Psikologi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002. Rogers, E.M. dan F. Shoemaker, Communication of Inovation, London : Free Press, 1988. Yasir. Pengantar Ilmu Komunikasi, Pekanbaru: Pusat Perkembangan Pendidikan Universitas Riau, 2009