OPTIMALISASI MEDIA DUA DIMENSI TANPA PROYEKSI DALAM MENINGKATKAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SISWA

Abstract

Dewasa ini media pelajaran sangat berkembang dengan pesatnya, baik harganya yang murah bahkan sampai mahal pun ada. Ketika media yang kita inginkan tidak dapat dibeli karena alasan financial yang belum mencukupi atau alasan yang lain. Itu tentunya tidak bisa dijadikan alasan untuk menghadirkan media yang dapat digunakan ketika sedang dalam pembelajaran. Untuk sekolah yang anggaran belanja untuk media yang sedikit tidak perlu khawatir. Hal itu bisa disiasati dengan mengoptimalkan media pembelajaran yang sudah ada di sekolah/kelas. Setiap sekolah bisa dipastikan memiliki media papan tulis. Ketika sebuah media dioptimalkan penggunaannya oleh guru di kelas seperti halnya papan tulis, maka hasilnya pun akan menggembirakan. Untuk itu kreatifitas dan inovasi seorang guru mutlak diperlukan dan ditingkatkan guna meningkatkan hasil belajar siswa.