ANALISIS KELAYAKAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH

Abstract

Keberadaan buku ajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Terlepas dari teknologi pendidikan yang semakin berkembang, buku ajar tetap memiliki peran tersendiri dalam proses pendidikan. Dalam hal ini, kualitas buku ajar turut menentukan hasil pencapaian tujuan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang analisis kelayakan bahan ajar bahasa Arab untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah. Jenis penelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku bahasa Arab untuk MTs kelas VIII yang diterbitkan oleh Yrama Widya tahun 2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas buku ajar tersebut secara umum dari aspek materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan termasuk dalam kategori baik. Meski masih terdapat beberapa kekurangan, diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi guru dan peneliti lain untuk pengembangan bahan ajar bahasa Arab selanjutnya.