Integrasi Adab Dalam Kurikulum Pendidikan Islam

Abstract

Ada tiga elemen penting pendidikan yang tertuang dalam definisi “Educationis a process of instilling something into human beings” yang dipropos oleh al-Attas:pertama prosespenanaman (processofinstilling), kedua konten pendidikan (something), dan ketiga penerima (humanbeings): proses penanaman konten pendidikan kepadaterdidik). Proses merujuk kepada metode yang digunakan dalam menanamkan konten pendidikan yang tak lainadalah ilmu dan adab, sedang penerima merujuk kepada terdidik. Penelitianini mengekspos konsepsi integrasi adab dalam kurikulum pendidikan Islamyang dipropos oleh al-Attas. Menggunakan metode kualitatif, penelitian inimenemukan (1) ilmu pengetahuan tidak bersifat netral, melainkan penuhdengan nilai, oleh karenanya (2) islami-sasi ilmu pengetahuan merupakankeniscayaan, sehingga ilmu pengetahuan terbebas dari muatan-muatan yangtidak islami.