Peran Layanan Home Visit pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Masa pandemi Covid-19 telah menimbulkan efek yang cukup besar dalam perkembangan belajar peserta didik. Dimana guru bimbingan dan konseling pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka pasca masa pandemi Covid-19 masih banyak menemukan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa. Seperti penurunan prestasi belajar, menurunnya motivasi belajar siswa, kecanduan game online, pergaulan, dan siswa yang masih terbawa dengan kebiasaan pada waktu pembelajaran daring sehingga pada pembelajaran tatap muka siswa masih merasa malas untuk datang ke sekolah. Faktor-faktor tersebut yang menjadi pemicu banyaknya siswa yang membolos. Sehingga guru bimbingan dan konseling memilih layanan home visit sebagai layanan pendukung yang digunakan untuk membantu siswa dalam mencari solusi dan mengatasi permasalahan yang dialaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran layanan home visit pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka pasca masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan home visit memiliki peran yang cukup besar dalam pengentasan permasalahan yang terjadi pada siswa. Dengan adanya layanan home visit permasalahan-permasalahan siswa bisa segera untuk ditangani dan terentaskan. Sehingga dapat membantu kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran di sekolah.