Religious Moderation Scale (RM-S): Validitas, Reliabilitas dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Abstract

Pemahaman tentang moderasi beragama sangat diperlukan oleh seseorang. Untuk mengukur tingkat pemahaman seseorang tentang moderasi beragama diperlukan suatu alat ukur yang valid dan reliabel. Belum ditemukannya alat ukur tingkat pemahaman moderasi beragama menjadi dasar dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk melahirkan suatu alat ukur yang valid dan reliabel dalam mengukur tingkat pemahaman moderasi beragama para siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cross sectional design. Uji validitas dilakukan dengan analisis teknik pearson product moment. Uji reliabilitas dianalisis dengan teknik cronbach alpha. Indikator penelitian ini meliputi empat aspek yakni 1) komitmen kebangsaan; 2) toleransi; 3) anti-kekerasan; 4) akomodatif terhadap budaya lokal. Hasil penelitian ini diberi nama dengan religious moderation scale (RM-S) Skala ini menghasilkan 24 (dua puluh empat) butir item pernyataan valid dengan nilai Sig. < 0.05. Religious moderation scale memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0.841 dengan rincian 8 butir item untuk indikator komitmen kebangsaan, 6 butir item pada indikator toleransi, 7 butir item pada indikator anti-kekerasan dan 5 butir pada indikator akomodatif terhadap budaya lokal. Skala ini bisa digunakan oleh konselor dan peneliti berikutnya untuk mengukur tingkat pemahaman moderasi beragama siswa. temuanya bisa menjadi dasar bagi konselor dalam menentukan intervensi atau layanan bimbingan dan konseling yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama siswa.