Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum Pantai Raja Kabupaten Kampar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum Pantai Kabupaten Kampar dengan fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru Di MTs PP Bahrul ‘Ulum Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar? 2) bagaimana peningkatan kinerja guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum Pantai Raja kecamatan Kabupaten Kampar? 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs PP Bahrul ‘Ulum  Pantai Raja Kecamatan  Kabupaten Kampar?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti yang dilakukan langsung di lapangan guna memperoleh data yang dibutuhkan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode diskriprtif analisis dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan tehnik miles dan huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi klinis berjalan cukup baik dengan tiga tahapan, yaitu pertemuan awal, tahap observasi pengajaran, dan tahap pertemuan balik. 2) Pelaksanaan supervisi klinis memberikan peningkatan kinerja bagi guru, guru mampu membuat dan mengimplementasikan RPP dengan baik, guru mampu menggunakan metode yang bervariasi dalam pelaksanaan pembelajaran, guru mampu berinovasi dalam penggunaan media penunjang pembelajaran. 3) Faktor Dukungan: dukungan dari kepala madrasah dan pihak yayasan, adanya apresiasi yang tinggi yang diberikan pihak yayasan terhadap pelaksanaan supervisi klinis, hubungan baik antara guru dengan kepala madrasah, antusias guru dalam mengikuti supervisi dan adanya fasilitas yang disediakan. Adapun hambatan dalam pelaksanaanya: kesibukan kepala madrasah, adanya ketakutan dalam diri guru ketika ingin disupervisi, banyaknya tugas yang harus diselesaikan guru, dan bencana alam yang sering terjadi sehingga madrasah diliburkan.Kata Kunci: Supervisi Klinis, Kepala Madrasah, Kinerja Guru