Pengaruh Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Pendidik Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Perhentian Raja
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Persaingan ini memaksa kepala madrasah agar berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang di kelolanya. Kualitas suatu lembaga dapat dinilai dari tingkat kepuasan para pengguna jasa. Dalam lembaga pendidikan tenaga pendidik menjadi tolak ukur keberhasilan proses pendidikan, dan untuk itu kepala madrasah harus mampu menciptakan kepuasan kerja bagi tenaga pendidiknya. Untuk mencapai kepuasan kerja tenaga pendidik, dibutuhkan pelaksanaan supervisi (pengawasan) dan kepemimpinan kepala madrasah yang baik. Namun kenyataannya masih terdapat tenaga pendidik yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuannya, kurangnya disiplin kerja, dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi serta masih ada tenaga pendidik yang belum mampu membuat perangkat pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, subjek penelitiannya adalah seluruh tenaga pendidik yang berjumlah 61 orang, sedangkan objeknya adalah kepuasan kerja tenaga pendidik. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dan diolah dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik sebesar 46,2% dan terdapat juga pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja sebesar 48,2%, dan terdapat pengaruh pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja secara simultan sebesar 72,2%. Hal ini membuktikan kedua faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik.