Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan Model CIPP di SD Negeri 020 Galang Kota Batam

Abstract

Pemerintah Indonesia melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mana selama ini masih kurang. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam manajemen berbasis sekolah yang lebih baik dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, mengawasi serta membantu sekolah dalam pengelolaan dan proses pembelajaran. Model yang dijadikan dasar evaluasi manajemen berbasis sekolah dalam penelitian ini adalah model CIPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: konteks, input, proses dan produk pada Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini melibatkan 153 orang, terdiri dari siswa-siswa kelas 4, 5, 6, guru dan wali murid di SD Negeri 020 Galang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Item angket yang diberikan telah dianalisis validitas konstruk dan empirik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks persentase yang diperoleh 58,95% termasuk kedalam kategori cukup baik, (2) evaluasi input, persentase 40,30% termasuk dalam kategori kurang baik, (3) evaluasi proses, dengan persentase 34,91 % termasuk kedalam kategori kurang baik, (4) evaluasi produk, dengan persentase 45,96% termasuk dalam kategori cukup baik. Tetapi, secara keseluruhan masih belum maksimal. Dapat disimpulkan bahwa manajemen berbasis sekolah di SDN 020 Galang Kota Batam belum berjalan maksimal, terutama dari aspek input dan proses.