Kinerja Guru ditinjau dari Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja di Sekolah Dasar Islam Terpadu Arrahmah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDIT Arrahmah di Depok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelompok yaitu guru yang telah menerima tunjangan profesi dan yang belum menerima tunjangan profesi. Teknik pengambilan sampel menggunakan tabel penentuan ukuran sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael, untuk populasi 26 orang dengan tingkat kesalahan 5%, sampel 26 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara tunjangan profesi terhadap kinerja guru sebesar 25,1%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap variabel kinerja guru dengan pengaruh sebesar 17,2%; (3) ada pengaruh yang signifikan antara tunjangan profesi dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SDIT Arrahmah Depok sebesar 98,7%.