EVALUASI PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)
Abstract
Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah-Sekolah Dasar (MBS-SD) di SDN Mantimin 2 Kec. Batumandi; 2) Mengadakan evaluasi pelaksanaan MBS-SD di SDN Mantimin 2 Kec. Batumandi dengan model CIPP(Context, Input, Process, and Product). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi sumatif. Objek penelitian meliputi: manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah, manajemen peserta didik berbasis sekolah, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan berbasis sekolah, manajemen sarana dan prasarana berbasis sekolah, manajemen pembiayaan berbasis sekolah, manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis sekolah, dan budaya dan lingkungan berbasis sekolah, sesuai buku Panduan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Buku IV dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2013 dengan menggunakan model CIPP. Populasi penelitian adalah semua guru yang terkait dengan pelaksanaan MBS di Sekolah Dasar Negeri Mantimin 2 Kecamatan Batumandi. Teknik sampling menggunakan teknik “purposive sampling” berjumlah 15 orang guru termasuk Kepala Sekolah. Penelitian menggunakan angket, teknik observasi, danwawancara terhadap responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan MBS di SDN Mantimin 2 Kec. Batumandi secara umum manajemen MBS berjalan dengan efektif/baik dengan skor sebesar 1277 point dengan nilai 76,01%. Masih perlu ditingkatkan pelaksanaan manajemen untuk pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan sarana dan prasarana dan manajemen pembiayaan berbasis sekolah.