HUBUNGAN PERILAKU PENGAWAS, KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU DENGAN EFEKTIVITAS ORGANISASI MADRASAH ALIYAH SE-KOTA BANJARMASIN

Abstract

Pendidikan sebagai salah satu kebutuhan dan tututan masyarakat diharapkan mampu mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas. Pendidikan secara formal diselenggarakan di sekolah dan madrasah, hal ini berarti madrasah merupakan salah satu organisasi untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan. Efektivitas organisasi merupakan tingkat keberhasilan kegiatan manajemen dalam usaha mencapai tujuan atau sasaran yang telah diprogramkan. Di antara faktor yang menentukan dan terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah yaitu pengawas, kepala madrasah dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif korelasional, yang menjadi populasi adalah guru-guru Madrasah Aliyah se Kota Banjarmasin yang berjumlah 228 orang, termasuk di dalamnya kepala madrasah. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah 144 orang. Kata Kunci: Perilaku pengawas, keterampilan manajerial, motivasi berprestasi, efektivitas organisasi