NILAI AQIDAH, IBADAH, SYARIAH DAN AL-DHARURIYAT AL-SITTAH SEBAGAI DASAR NORMATIF PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang dasar normatif pendidikan Islam yang meliputi: nilai akidah, ibadah, syariah dan al-dharuriyat al-sittah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis serta ditelaah secara mendalam atas referensi yang dipakai, sebagaimana halnya dalam studi kepustakaan atau library research. Penelitian ini, menjelaskan bahwa Pendidikan Islam memiliki dasar normatif yang menjadi pijakan atau acuan untuk digunakan dalam mengajarkan Pendidikan Islam di sekolah atau madrasah. Yang mana nilai akidah menjadi dimensi yang fundamental untuk ditanamkan pada jiwa umat Islam. nilai akidah adalah wujud tauhid, tauhid yang dimaksud mengimani dan meyakini keberadaan Allah. Nilai Ibadah, adalah representasi pengamalan dari ajaran dari akidah Islamiyah yang diyakini oleh umat Islam itu sendiri. Orang tua dapat menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak, dan berharap kelak ia akan tumbuh menjadi insan yang tekun beribadah secara benar sesuai ajaran Islam. Sedangkan, nilai syariah, mencakup seluruh aspek kehidupan manusia sebagai individu, warga masyarakat dan sebagai subyek alam semesta. Syariah mengatur hidup manusia sebagai individu, yaitu hamba Allah yang harus taat, tunduk, dan patuh kepada Allah.  Sama halnya dengan al-dharuriyat al-sittah, yang meliputi mewujudkan kemaslahatan melalui pemeliharaan enam unsure pokok, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan, harta, dan lingkungan. Nilai-nilai di atas kiranya menjadi landasan yang memiliki daya dorong yang kuat mendidik umat Islam lewat lembaga pendidikan.