PENGARUH KARAKTERISTIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 5 BULUKUMBA

Abstract

Pokok permasalahan yang dibahas adalah bagaimana  karakteristik guru di SMPN 5 Bulukumba, bagaimana  motivasi  belajar siswa di SMPN 5 Bulukumba, serta bagaimana pengaruh karakteristik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 5 Bulukumba. Berdasarkan pokok permasalahan maka tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui karakteristik guru di SMPN 5 Bulukumba, untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SMPN 5 Bulukumba, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan antara karakteristik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 5 Bulukumba. Untuk menyelesaikan pokok permasalahan tersebut, maka penulis menggunakan metode penelitian lapangan dan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman angket, dokumentasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara karakteristik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 5 Bulukumba. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0,05),  (thitung) lebih besar dari  (thitung = 2,63 > dari  = 2,00). Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara karakteristik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 5 Bulukumba. Melihat fenomena tersebut agar kiranya tenaga pendidik di SMPN 5 Bulukumba terutama guru yang mengajar di dalam kelas agar kiranya memberikan perhatian dan respon baik kepada peserta didiknya dan tidak henti-hentinya mengupayakan untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar mampu menembangkan diri dan berprestasi.