URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN HAFALAN QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN MARKAZ IMAM NAWAWI BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Markaz Imam Nawawi Bulukumba. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dalam hal ini penulis mendeskripsikan tentang urgensi bahasa Arab dalam meningkatkan hafalan Alqur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Markaz Imam Nawawi Bulukumba. Sumber data penelitian ini diambil dari hasil pengamatan langsung di lapangan, dokumen, wawancara dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Imam Nawawi sangat antusias mempelajari bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari jadwal pembelajaran bahasa Arab yang sangat padat yaitu dilakukan di pagi, siang, dan sore hari. Pembelajaran bahasa Arab ini sangat dibutuhkan dan sangat urgen bagi santri di Markaz Tahfidzul Qur’an Imam Nawawi mengingat seorang hafidz Qur’an harus mengerti bacaan Alqur’an agar dapat meningkatkan kekuatan hafalan santri dan juga dapat menjadi pedoman hidup dalam kehidupan sehari hari. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab sangat penting dilakukan, baik di markaz ataupun pondok tahfidz Alqur’an, sebab dengan modal bahasa Arab maka seorang hafidz ataupun yang ingin menghafal Alqur’an dapat dengan mudah menghafal Alqur’an karena mengerti alur kalimat yang ada dalam Alqur’an dan juga dapat menjadi pedoman hidup dalam kehidupan sehari hari.