IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMASUKI ERA SOCIETY 5.0

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai impelementasi media pembelajaran Kahoot untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 5 di MIN 1 Bulukumba. Penelitian  bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 di MIN 1 Bulukumba yang menggunakan media pembelajaran Kahoot. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di MIN 1 Bulukumba yang berjumlah 24 orang siswa, terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 13 siswa  perempuan. Dari hasil penelitian yang telah di peroleh, dapat diketahui bahwa implementasi media pembelajaran Kahoot pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 5 di MIN 1 Bulukumba. Adapun minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS meningkat dari kategori 58% pada siklus I meningkat menjadi kategori sangat baik ( 88% ) pada siklus II.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran Kahoot  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 5 di MIN 1 Bulukumba Desa Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba dalam memasuki era 5.