PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs AL-ISHLAH DAN MTs AL-HIDAYAH JAMANIS KABUPATEN TASIKMALAYA

Abstract

Peningkatan kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut yang sangat mempengaruhi kinerja guru di MTs. Al-Ishlah dan MTs. Al-Hidayah Jamanis Kabupaten Tasikmalaya adalah kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, dan disiplin kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan jumlah populasi 40 orang dan semuanya dijadikan responden (survey). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi untuk mengetahui derajat keeratan hubungan antar variabel penelitian dan teknik analisis jalur untuk mengetahui pengaruh baik langsung maupun tidak langsung variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam operasionalisasinya digunakan bantuan software SPSS 18 dan Excel. Kepemimpinan di MTs. Al-Ishlah dan MTs. Al-Hidayah Jamanis Kabupaten Tasikmalaya yang dibangun melalui unsur-unsur: Edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 3,48. Kompensasi yang dibangun melalui unsur finansial dan nonfinansial berada pada kategori baik dengan rata-rata skor variabel 3.69. Begitu pun dengan Disiplin Kerja yang dibangun melalui disiplin preventif, korektif, dan progresif berada pada kategorti baik dengan rata-rata skor variabel 3,61. Kinerja guru yang dibangun melalui unsur-unsur: proses pembelajaran; peningkatan dan pengembangan kualifikasi akademik dan kompetensi; objektif dan tidak diskriminatif; menjunjung tinggi perundang-undangan, hukum, kode etik guru, nilai-nilai agama dan etika; dan memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa berada pada kategori cukup baik, dengan rata-rata skor variabel sebesar 3.32. Pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja sebesar 16,60%. Pegaruh langsung kompensasi terhadap Kinerja Guru sebesar 8,00%. Pengaruh langsung Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 11,40%. Pengaruh secara simultan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompensasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di MTs. Al-Ishlah dan MTs. Al-Hidayah Jamanis Kabupaten Tasikmalaya adalah sebesar 0,765, sisanya sebesar 0,235 ditentukan oleh variabel lain.