MODEL PEMBIASAAN PERILAKU KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI SMK AL-MADANIYAH TASIKMALAYA
Abstract
Potret kondisi pendidikan di Indonesia saat ini memiliki segudang permasalahan, yang salah satunya karena pengaruh negatif arus globalisasi. Tawuran antar pelajar yang terjadi hampir setiap hari, penyimpangan seks, penyalahgunaan narkotika. Berbagai permasalahan yang ada, mengetuk hati Guru-guru di SMK Al-Madaniyah untuk menerapkan model pembiasaan perilaku keagamaan, dengan tujuan untuk mengembangkan karakter siswa serta agar tidak terjerumus ke pergaulan bebas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan yang merupakan usaha yang dimaksud pada proses yang membawa pada perubahan tingkah laku, yang mana psikologi dalam hubungannya dengan pendidikan berfokus proses, dimana informasi, keterampilan, nilai, dan sikap diteruskan dari guru kepada siswa melalui kegiatan belajar. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Model pembiasaan perilaku keagamaan yang dilaksanakan di SMK Al-Madaniyah dipetakan kedalam tiga dimensi perilaku keagamaan, yaitu dimensi ritual keagamaan, pengetahuan, dan pengamalan nilai-nilai keagamaan. (2). Terdapat beberapa faktor penghambat diantaranya: terdapat siswa yang terlambat sekolah, sulitnya mengontrol perilaku siswa, dan terbatasnya sarana prasarana. (3) Model pembiasaan perilaku keagamaan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan karakter siswa, karena pendidikan karakter harus mempunyai fundamen yang kuat yaitu agama.