MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (PENELITIAN DI SMA AL-MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA)
Abstract
Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola, yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan) dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran peserta didik dengan mengikutsertakan berbagai faktor di dalamnya, guna mencapai tujuan pendidikan yang telah disusun dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas baik dalam segi pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Lalu, untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas, maka diperlukan adanya manjemen pembelajaran yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permasalahan penerapan manjemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitataif. Adapun teknik pegumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Proses manajemen pembelajaran di SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya berjalan dengan baik, dengan diterapkannya pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan dan pengorganisasian yang telah ditentukan; (2) Standar mutu pendidikan yang diterapkan SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya terus meningkat; (3) Mutu pendidikan SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dilihat dari banyaknya siswa dan lulusan yang berprestasi dan mampu melanjutkan ke perguruan tinggi ternama dan favorit.