Hubungan Antara Self Regulation Dengan Pengetahuan Mengenai Analisis Perkembangan Sosial Pada Mahasiswa

Abstract

Tujuan riset ini merupakan untuk mengenali ikatan antara self- regulation dengan pengetahuan menimpa analisis pertumbuhan sosial pada mahasiswa fakultas psikologi UIN RF. Populasi dari riset ini merupakan mahasiswa fakultas psikologi semester 6. Ilustrasi dalam riset ini mahasiswa fakultas psikologi yang lagi mengampuh mata kuliah PARK( Pertumbuhan Anak serta Anak muda Berkebutuhan Spesial). Dimana ilustrasi pada riset ini berjumlah 30 mahasiswa. Buat mengukur pengetahuan memakai kuesioner yang dirancang oleh periset sendiri bersumber pada aspek- aspek pengetahuan yang dikemukakan oleh Notoadmodjo serta kuesioner self- regulation memakai kuesioner rancangan periset bersumber pada aspek- aspek self- regulation yang dikemukakan oleh Zimmerman serta Pons. Riset ini memakai pendekatan kuantitatif dengan memakai tata cara survei. Riset ini diucap tipe riset korelatif, sebab hendak mendapatkan data sejauhmana korelasi antara self- regulation dengan pengetahuan pada mahasiswa fakultas psikologi UIN RF. Metode analisis informasi yang digunakan dalam riset ini merupakan korelasi product moment dari Spearman. Uji normalitas informasi dicoba dengan uji Kolmogorov- Smirnov dengan memakai uji statistika. Dari hasil riset, hingga disimpulkan kalau ada korelasi positif yang signifikan antara self- regulation dengan pengetahuan menimpa analisis pertumbuhan sosial pada mahasiswa fakultas psikologi UINRF sebesar positif 0, 505 dengan taraf signifikansi sebesar p= 0, 004 dengan hasil uji normalitas dikenal nilai signifikansi 0, 246 > 0.05 hingga bisa disimpulkan kalau nilai residual berdistribusi wajar.