Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA PGRI 2 Palembang

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMA PGRI 2 Palembang, sampel penelitian ini diambil yaitu 37 guru. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru di SMA PGRI 2 Palembang hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,466>0,325 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 2) Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru di SMA PGRI 2 Palembang hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,554>0,325 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 3) Terdapat hubungan positif antara motivasi kerja dan disiplin kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA PGRI 2 Palembang yang dibuktikan dari nilai fhitung lebih besar dari ftabel yaitu 11,752>3,28 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel motivasi kerja dan disiplin kerja mempunyai hubungan positif terhadap kinerja guru. Berdasarkan hubungan positif tersebut menginformasikan bahwa makin baik motivasi kerja dan disiplin kerja guru menjadikan kinerja guru di SMA PGRI 2 Palembang juga semakin meningkat.