Motivasi Belajar dalam Pemahaman Konsep Alat Tes Inventori pada Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep alat tes inventori pada mahasiswa fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap pemahaman konsep alat tes inventori pada mahasiswa fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian yaitu mahasiswa fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang minimal semester 6 dan telah mempelajari alat tes inventori sebelumnya yang berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji prasyarat dengan bantuan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menggunakan metode analisis korelasi Pearson Product Moment  menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,152. Nilai signifikansi 0,152 > 0,05 dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel bebas dan variabel terikat. Sehingga hipotesis penelitian ditolak. Artinya, tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan pemahakan konsep alat tes inventori pada mahasiswa psikologi universitas islam negeri raden fatah Palembang