Pembelajaran Online via WhatsApp Group dengan Pemahaman Tes Inventori Mahasiswa Psikologi Islam Semester 6 UIN Raden Fatah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari hubungan pembelajaran online via WhatsApp Group dengan pemahaman tes inventori pada mahasiswa Psikologi Islam semester 6 UIN Raden Fatah Palembang. Pendekatan kuantitatif korelasional. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara pembelajaran online via WhatsApp Group dengan pemahaman tes inventori pada mahasiswa Psikologi Islam semester 6. Sampel penelitian ini berjumlah 71 orang dari 3 kelas.  Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan menggunakan program SPSS version 22 for windows. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan besar sumbangan variabel x sebanyak 14,5%. Hasil  tersebut menunjukkan pembelajaran online via WhatsApp Group memiliki hubungan dengan pemahaman tes inventori pada mahasiswa Psikologi Islam semester 6, artinya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman tes inventori adalah pembelajaran online via WhatsApp Group.