Desain dan Uji Coba Penuntun Praktikum Asam Basa berbasis Kehidupan Sehari-Hari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya alokasi waktu belajar peserta didik yang tersedia sehingga tidak memungkinkan untuk terlaksananya kegiatan praktikum dan selama pembelajaran dalam jaringan tidak ada melaksanakan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum dengan memanfaatkan alat dan bahan yang mudah dijumpai sehingga kegiatan praktikum tetap dapat dilakukan dalam kondisi saat ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dimana model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA Tri Tunggal, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini terdiri dari ahli materi yang berkompeten di bidang materi kimia, ahli media yang berkompeten di bidang media penuntun, guru kimia, dan beberapa orang peserta didik di SMA Tri Tunggal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas. Data yang telah didapat, kemudian dilakukan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Penuntun praktikum berbasis kehidupan sehari-hari memiliki tingkat validitas sebesar 90,97% (sangat valid) dari ahli materi, kemudian 98,75% (sangat valid) diperoleh dari ahli media, kemudian tingkat praktikalitas diberikan oleh guru kimia sebesar 81,53% (sangat praktis) dan peserta didik sebesar 86,26% (sangat praktis). Berdasarkan hasil yang diperoleh, penuntun praktikum berbasis kehidupan sehari-hari memiliki kategori sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.. Keywords: Penuntun Praktikum, Kehidupan Sehari-hari, Asam Basa.