PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TASC (THINKING ACTIVELY IN SOCIAL CONTEXT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI MIPA SMAN 15 PEKANBARU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kirtis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran TASC. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 2 SMAN 15 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan model TASC pada siklus pertama adalah sebesar 69,95% pada kategori cukup kritis, sedangkan pada siklus kedua adalah sebesar 78,20% pada kategori kritis. Besarnya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dari siklus pertama hingga siklus kedua adalah sebesar 8,25%. Model pembelajaran TASC dapat meningkatkan keterampilan bepikir kritis pada materi laju reaksi di kelas XI MIPA 2 adalah sebesar 8,25%.