Desain Dan Uji Coba Game Edukasi Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Materi Pengenalan Alat Laboratorium

Abstract

Penelitian desain game ini dilatar belakangi karena kurangnya minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran kimia dan game yang banyak digemari oleh peserta didik serta fasilitas laboratorium komputer disekolah yang memadai namun pemanfaatan dari komputer sekolah dalam pembelajaran kimia belum efektif. Dalam penelitian ini didesain media pembelajaran berupa game edukasi yang berbasis Role Playing Game (RPG) pada materi pengenalan alat laboratorium kimia untuk mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, praktikalitas oleh guru dan respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian pengembangan menggunakan prosedur Brog and Gall yang dilakukan di SMA Negeri 2 Siak. Subjek dari penelitian ini yakni ahli desain media, ahli materi pembelajaran, praktikalitas oleh guru kimia dan peserta didik di SMA Negeri 2 Siak. Objek penelitian ini yaitu game edukasi berbasis Role Playing Game (RPG) pada materi pengenalan alat laboratorium. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa studi pustaka, wawancara serta angket. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah data angket validitas dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil persentase dari Game edukasi kimia yang telah diujikan menunjukkan hasil sangat valid dengan persentase dari ahli media sebesar 88%, dan dari ahli materi sebesar 88,57%. Sedangkan hasil praktikalitas dari guru mata pelajaran kimia didapat hasil 92,66% dan dari peserta didik mendapat respon yang baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis Role Playing Game (RPG) pada materi pengenalan alat laboratorium dinyatakan valid dan baik sehingga media ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.