Desain dan Uji Coba Weblog Berbasis REACT Pada Materi Laju Reaksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas webloog berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring (REACT) pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development atau R&D dengan model pengembangan Borg & Gall. Objek dalam penelitian ini adalah webloog berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring (REACT) pada materi laju reaksi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia dan peserta didik kelas XI MIA Olimpiade MAN 1 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan Rating scale. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tingkat validitas oleh ahli materi sebesar 95% (sangat valid) dan ahli media sebesar 84% (sangat valid), tingkat praktikalitas diperoleh sebesar 81,3% (sangat praktis), dan respon peserta didik sebesar 60% menyatakan sangat bagus, dan 40% menyatakan bagus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa webloog berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring (REACT) pada materi laju reaksi yang diujicobakan layak dan praktis sebagai sumber belajar disekolah. Kata Kunci: Webloog, REACT, Laju Reaksi